ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 015 SAMARINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Wuryaningrum, Ranti (2024) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 015 SAMARINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UWGM Samarinda.

[img] Text (Abstrak)
SKRIPSI RANTI WURYANINGRUM final - Ranti Wuryaningrum.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Ranti Wuryaningrum, 2024. Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Di Kelas V SD Negeri 015 Samarinda Utara Tahun Pembelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Dibimbing oleh Bapak Nurdin Arifin, S.Pd., M.Pd sebagai pebimbing I dan Bapak Andi Alif Tunru, S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripti dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian peserta didik kelas V SD Negeri 015 Samarinda utara yang berjumlah 6 orang, masing-masing 2 peserta didik dengan nilai tinggi, 2 peserta didik dengan nilai sedang dan 2 peserta didik dengan nilai rendah. Untuk mendukung pengumpulan data, penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Penelitian menggunakan hasil tes tertulis pada penyelesaian soal cerita dan data wawancara untuk memperkuat jawaban subjek pada hasil tes tertulis soal cerita. selanjutnya data yang diperoleh, dianalisis berdasarkan empat kegiatan pada tahap polya. Hasil penelitian menunjukan: (1) Subjek dengan nilai tinggi mampu memahami soal, membuat rancangan penyelesaian, mengerjakan penyelesaian dan menarik kesuimpulan. (2) Subjek dengan nilai sedang mampu memahami soal, membuat rancangan penyelesaian dan menyelesaikan hasil akhir. Kesulitan subjek dengan nilai sedang ini kesulitan menarik kesimpulan dan menyederhaakan hasil akhir. (3) Subjek dengan nilai rendah sedikit mampu dalam memahami soal namun kesulitan dalam menentukan operasi hitung, merancang penyelesaian, mengerjakan penyelesaian, serta penarikan kesimpulan. Kata kunci : kesulitan peserta didik, Soal cerita, pecahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email lppm@uwgm.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2025 07:07
Last Modified: 03 Nov 2025 07:07
URI: http://repo.uwgm.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item