M. Gusnadi, M.Gusnadi (2024) PERAN PEGAWAI APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BALANGAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Undergraduate thesis, UWGM Samarinda.
|
Text (Full Paper)
PERAN PEGAWAI APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BALANGAN (M.GUSNADI) - M Gusnadi.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
Abstract
RINGKASAN M. GUSNADI, Peran Pegawai Aparatur Sipil Negara Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan, di bawah bimbingan bapak Drs. H. M. Zainal Arifin, M.Si dan ibu Trisna Waty Riza Eryani, S.Sos., M.Si. Setiap Aparatur Sipil Negara yang bertugas dibidang pelayanan memiliki tanggung jawab untuk melayani masyarakat semaksimal mungkin. Pelayanan publik adalah cara di mana pemerintah, melalui aparatur negara bertindak sebagai pelayan masyarakat, selain dari bertugas sebagai pelayan negara. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran pegawai aparatur sipil negara di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan apa saja faktor yang mendukung dan menghambat pelayanan kepada masyarakat di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menjelaskan temuan, menggunakan teknik analisis data interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegawai Aparatur Sipil Negara melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan standar pelayanan. Hal ini diketahui dari hasil fokus penelitian bahwa persyaratan untuk mendapatkan pelayanan bervariasi tergantung pada jenis layanan, informasi persyaratan tersedia di website resmi, aplikasi galuh sanggam dan whatsapp, sistem mekanisme dan prosedur meliputi layanan tatap muka dan daring melalui aplikasi galuh sanggam dan whatsapp, biaya pelayanan dan administrasi yang gratis, produk pelayanan melalui sosialisasi, jemput bola dan dapat diakses di website resmi. Sarana dan prasarana yang tersedia cukup lengkap dan layak digunakan. Faktor pendukung adalah melalui sosialisasi dan jemput bola seperti kunjungan langsung ke desa atau kecamatan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Faktor penghambat yaitu rendahnya pemahaman masyarakat tentang peraturan, prosedur pelayanan dan teknologi. Kata Kunci: Peran, Pegawai Aparatur Sipil Negara, Pelayanan, Publik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Publik |
| Depositing User: | Unnamed user with email lppm@uwgm.ac.id |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 06:44 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 06:44 |
| URI: | http://repo.uwgm.ac.id/id/eprint/193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
