Fellysia, Berlinda (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF FLASH CARD DALAM MENSTIMULUS PERKEMBANGAN BAHASA ANAK 3-4 TAHUN DI TK SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KOTA SAMARINDA. Undergraduate thesis, UWGM Samarinda.
|
Text (Full Paper)
(SKRIPSI) BERLINDA FELLYSIA PG PAUD fix. - Belinda.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan guna mengetahui bagaimana implementasi alat permainan edukatif flash card dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak 3-4 tahun. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Proses analisis datanya dilaksanakan melalui tahap reduction, display, serta verification. Temuan penelitian menemukan: Pertama, Implementasi alat permainan edukatif flash card dimanfaatkan dalam proses pembelajaran melalui pengenalan huruf kepada peserta didik, dan mereka juga diajarkan untuk bercerita terkait benda di sekelilingnya serta menyimak ucapan orang lain sesuai arahan dari guru. Kedua, Hasil observasi yang peneliti lakukan bahwasanya alat ini dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 3-4 yaitu bahasa yang muncul saat kegiatan adalah anak dapat mengerti 2 perintah secara bersamaan, anak mulai bisa membaca melalui media gambar, mulai bisa menyatakan keinginan melalui katakatnya sendiri secara spontan dan anak mulai bisa bercerita tentang pengalamannya melalui media flash card. Kata Kunci: Implementasi, permainan edukatif, flash card, perkembangan Bahasa, Anak usia 3-4
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Unnamed user with email lppm@uwgm.ac.id |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 04:01 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 04:01 |
| URI: | http://repo.uwgm.ac.id/id/eprint/260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
