PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SDN 017 SAMARINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Rato, Agata Adelaida (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SDN 017 SAMARINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UWGM Samarinda.

[img] Text (Full Paper)
Skripsi Agata Adelaida Rato - Agata Adelaida Rato.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Rato, Agata Adelaida. (2024), Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS siswa di SDN 017 Samarinda Utara Tahun Pembelajaran 2023/2024. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Samsul Adianto, S. Pd., M. Pd selaku Dosen Pembingbing I dan Annisa Qomariah, S. Pd., M. Pd selaku Dosen Pembimbing II. Pembelajaran IPAS pada siswa kelas V di SD Negeri 017 Samarinda Utara masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa kurang bisa memahami dan sulit membayangkan mengenai Listrik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang masih banyak dibwah rata-rata. Berdasarkan data dan nilai yang peneliti peroleh saat dilakukan pengamatan pada, pembelajaran IPAS masih terdapat beberapa nilai siswa yang belum mencapai Kriteria Kelulusan Minimal (KKM), dari 27 siswa hanya 33,33% nilai siswa yang mencapai 65. Artinya target pencapaian ketuntasan masih kurang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menerapkan model pembelajaran Poject Based Learning (PjBL). PTK merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan maslah pembelajaran yang ada di kelas. Tujuannyan adalah agar guru dapat mengidentifikasi serta memperbaiki kelemahan dalam metode pembelajaran, dengan harapan dapat berdampak positif pada peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan yang terjadi dari nilai prasiklus, siklus I, dan siklus II dinilai sangat baik. Berdasarkan nilai hasil belajar terlihat peningkatan jumlah siswa nilainya mencapai KKM dari nilai prasiklus 33,33% pada siklus I meningkat menjadi 70,37% dan pada siklus II mencapai 96,24%. Dengan menggunakan model pembelajaran project based learning peneliti harus menjelaskan tujuan model pembelajaran Poject based Learning kepada siswa agar tujuan tersebut dapat tercapai, peneliti harus mempersiapkan alat dan bahan Projek yang akan digunakan siswa, peneliti harus memastikan bahwa siswa bekerja sesuai dengan langkah-langkah yang diarahkan peneliti. Peneliti juga harus memastikan semua siswa berperan dan aktif didalam kegiatan pembuatan projek sehingga mereka dapat mengalami sendiri. Dengan demikian dapat dikatakan dengan menggunakan model pembelajaran project based learning dapat meningkatka hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini dapat kita simpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan model project based learning siswa dapat melihat, dan mengamati secara langsung hal yang sedang dipelajari, sehingga siswa mampu menganalisis hasil projek yang dilakukan dan mampu menjawab pertanyaan yang diajukan. Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS, Project Based Learning (PjBL)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email lppm@uwgm.ac.id
Date Deposited: 25 Nov 2025 03:49
Last Modified: 25 Nov 2025 03:49
URI: http://repo.uwgm.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item