Atamua, Silvira Helena (2025) PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KETERAMPILAN MENULIS DALAM KURIKULUM MERDEKA SISWA KELAS II SDN 001 SAMARINDA UTARA. Undergraduate thesis, UWGM Samarinda.
|
Text (Full Paper)
Skripsi silvira helena atamua - SILVIRA HELENA ATAMUA.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK vii Silvira Helena Atamua 2025, Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Menulis dalam Kurikulum Merdeka Siswa Kelas II SDN 001 Samarinda Utara Pembimbing I: Hani Subakti, S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing II: Annisa Qomariah, S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan puzzle dalam meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas 2 di SDN 001 Samarinda Utara. Permasalahan pada siswa kelas II SDN 001 Samarinda Utara yaitu terdapat beberapa siswa mengalami kesulitan dalam manulis dan merangkai sebuah kalimat Kurangnya penguasaan kosakata pada siswa menjadi salah satu penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menulis. Dengan penggunaan media Puzzle dalam pembelajaran Bahasa Indonesia diharapkan dapat membantu siswa dalam penggunaan kosakata dalam keterampilan menulis. Desain penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). refleksi untuk mendiagnosis kondisi, kemudian mencoba secara sitematis berbagai model pembelajaran alternative yang diyakini secara teortis dan praaktis yang dapat memecahkan masalah pembelajaran, penelitian ini dilaksanakan di Kota Samarinda Kalimantan Timur tepatnya di SDN 001 pada bulan Mei Samarinda Utara yang terletak di Jalan Bedeng Kelurahan Lempake Samarinda Utara. Berdasarkan hasil penelitain yang dilaksanakan melalui beberapa kegiatan mulai dari siklus I, pertemuan I dan II, Siklus II, pertemuan I dan II, dan siklus III, pertemuan I dan II. Berdasarkan seluruh perbincangan yang telah dilakukan dengan siswa, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Media Puzzle dapat memajukan hasil belajar siswa, hal ini terlihat pada siklus I dengan persentase 49%, siklus II dengan persentase 71%, dan siklus III dengan memperoleh persentase 94%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kosakata, Media Puzzle, Membuat Kalimat
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with email lppm@uwgm.ac.id |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 02:35 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 02:35 |
| URI: | http://repo.uwgm.ac.id/id/eprint/304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
