Adinda, Meisi (2024) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DI SDN 013 SAMAINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UWGM Samarinda.
|
Text (Full Paper)
skripsi meisi adinda (2) - Meisi Adinda.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Strategi pembelajaran merupakan rancangan yang mencakup berbagai aktivitas dalam proses belajar-mengajar, Penelitian ini bertujuan untuk mengelola siswa, guru, kegiatan pembelajaran, serta lingkungan belajar. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat mengembangkan berbagai strategi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa demi mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh guru efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SDN 013 Samarinda Utara meliputi penggunaan strategi diferensiasi, diskusi kelompok, tanya jawab, serta pengerjaan soal-soal. Kendala utama yang dihadapi ialah kurangnya rasa percaya diri siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, guru berusaha membagikan motivasi dan penghargaan (reward) agar siswa lebih aktif dan percaya diri selama proses pembelajaran berlangsung. Kesimpulannya, strategi yang digunakan oleh guru di SDN 013 Samarinda Utara Pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa melibatkan penerapan berbagai strategi, seperti strategi diferensiasi, diskusi, tanya jawab, serta pemberian tugas. Kata Kunci : strategi guru, berpikir kritis
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with email lppm@uwgm.ac.id |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 06:14 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 06:14 |
| URI: | http://repo.uwgm.ac.id/id/eprint/336 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
