Hasugian, Ernawaty Aretha (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN DENGAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IVA SDN 001 SAMARINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UWGM Samarinda.
|
Text (Full Paper)
Skripsi Erna Hasugian 2025 - Erna Hasugian.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK ERNAWATY ARETHA HASUGIAN, 2025. Peningkatan Hasil Belajar PPKN Dengan Metode Team Games Tournamen (TGT ) Di Kelas IVA SDN 001 Samarinda Utara Tahun Pembelajaran 2023/2024. Skripsi sarjana pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Skripsi dibimbing oleh (1) Eka Selvi Handayani, S.Pd., M.Pd. Pembimbing (2) Andi Alif Tunru, S.Pd., M.Pd. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu peningkatan hasil belajar PPKN dengan metode team games tournamen (TGT) di kelas IVA SDN 001 Samarinda Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKN dengan metode team games tournamen (TGT) di kelas IVA SDN 001 Samarinda Utara. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 001 Samarinda Utara dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IVA yang berjumlah 38 siswa. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individual dari 38 siswa hanya 23 siswa atau 60% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diproleh sebesar 66,31. Sedangkan pada siklus II yang tuntas secara individual terdapat 38 siswa hanya 31 siswa atau 81% yang memenuhi KKM dengan rata-rata diperoleh sebesar 80,52. Secara klasikal masih belum terpenuhi rata-rata sebesar 90%. Dalam siklus III dari 38 siswa terdapat 36 siswa yang tuntas dengan persentase 94.% telah memenuhi KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi rata-rata yang diperoleh sebesar 93,15 atau berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan hasil belajar PPKN siswa kelas IVA SDN 001 Samarinda Utara melalui metode team games tournamen mengalami peningkatan. Kata Kunci: Metode Team Games Tournamens, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with email lppm@uwgm.ac.id |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 02:41 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 02:41 |
| URI: | http://repo.uwgm.ac.id/id/eprint/319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
