Mahendra, Aditya (2024) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENANGANI SISWA SLOW LEARNER KELAS V SD NEGERI 020 SAMARINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UWGM Samarinda.
|
Text (Full Papper)
SKRIPSI ADIT MAHENDRA - Aditya Mahendra.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
Abstract
Aditya Mahendra, 2024: Analisis Peran Guru dalam Menangani Siswa Slow Learner Kelas V SD Negeri 020 SAmarinda Utara Tahun Pembelajaran 2023/2024. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Pembimbing (I) Siska Oktaviani, S.Pd., M.Pd dan pembimbing (2) Euis Kusumarin, S.Pd., M.Pd. Slow learner atau lamban belajar adalah salah satu masalah yang sering terjadi di sekolah dasar. Hasil pengamatan di SD Nnegeri 020 Samarinda Utara menunjukkan bahwa ada beberapa kasus slow learner di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis peran guru dalam menangani siswa slow learner pada siswa kelas V di SD Negeri 020 Samarinda Utara. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan slow learner di SD Negeri 020 Samarinda Utara. Pendekatan yang memadukan teknik pengumpulan data, wawancara, observasi, dan dokumentasi ini digunakan untuk mendapatkan informasi yang lebih detail. Berdasarkan hasil temuan peneliti di lapangan yang ditemukan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dengan guru kelas V dan guru mata pelajaran di SD Negeri 020 Samarinda Utara mengenai peran guru dalam menangani siswa slow learner di SD Negeri 020 Samarinda Utara, sebagai berikut yaitu peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai pengajar, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai pelatih dan peran guru sebagai evaluator. Dengan mempertimbangkan hasil penelitian dan diskusi, dapat disimpulkan bahwa Guru berperan sebagai Pendidik dan pelatih, guru mendidik dan melatih siswa slow learner yang kurang memahami baca dan tulis hingga mereka bisa membaca dan menulis dengan baik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with email lppm@uwgm.ac.id |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 08:28 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 08:28 |
| URI: | http://repo.uwgm.ac.id/id/eprint/171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
