Zahra, Asyifa Nur (2024) PENGARUH KESEHATAN MENTAL TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 009 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UWGM Samarinda.
|
Text (Full Paper)
Skripsi_Asyifa Nur Zahra - Asyifa Nur Zahra.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Asyifa Nur Zahra, 2024. Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik Kelas V Di SDN 009 Samarinda Ilir Tahun pembelajaran 2023/2024. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Pembimbing I: Nurdin Arifin, M.Pd. Dan Pembimbing II: Samsul Adianto, M.Pd. Perilaku Peserta Didik, koneksi sosial, dan kapasitas mereka untuk belajar semuanya sangat dipengaruhi oleh kesehatan mental mereka. Laporan Kementerian Kesehatan tahun 2022 yang didasarkan pada Survei Kesehatan Mental Remaja Nasional Indonesia menemukan bahwa 15,5 juta anak dan remaja Indonesia, atau 34,9% dari populasi muda negara tersebut, mengalami masalah kesehatan mental. Efektivitas dan efisiensi proses belajar antara guru dan Peserta Didik di SDN 009 masih kurang. Banyak Peserta Didik masih bermain dengan teman-teman mereka, tidak memperhatikan penjelasan guru, membuat kebisingan saat teman-teman sekelas belajar, dan tidak dapat menjawab pertanyaan ketika diajukan. Akibatnya, perhatian Peserta Didik terhadap pelajaran mereka teralihkan. Berdasarkan masalah ini, studi ini bertujuan untuk menelaah bagaimana kesehatan mental Peserta Didik kelas V di SDN 009 Samarinda Ilir memengaruhi kemampuan mereka untuk berkonsentrasi selama pelajaran pada tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian yang diaplikasikan dalam studi ini adalah kuantitatif. Peserta Didik dari SDN 009 Samarinda Ilir di kelas V merupakan populasi pada studi ini. Metode pengambilan sampel yang diterapkan ialah pengambilan sampel total. Teknik pengumpulan data yang diimplimentasikan ialah dokumentasi serta kuesioner,sedangkan teknik pengolahan data meliputi uji t, koefisien determinasi, signifikansi, linearitas regresi, dan regresi linier dasar. Persamaan regresi linier dasar, Y = 62.9074 + 0.2372 x, diungkapkan melalui studi serta analisis yang dilaksankan tentang "Pengaruh Kesehatan Mental terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik Kelas V di SDN 009 Samarinda Ilir Tahun Akademik 2023/2024." Termuat dampak kesehatan mental kepada konsentrasi belajar, yang ditunjukkan oleh nilai uji t parsial t hitung, yaitu 3.198 > t tabel 1.683. Sementara itu, koefisien determinasi sebesar 19,9% menunjukkan dampak yang substansial dari kesehatan mental Peserta Didik terhadap fokus belajar mereka. Kata Kunci: Kesehatan Mental, Konsentrasi Belajar,Sekolah Dasar
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with email lppm@uwgm.ac.id |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 06:46 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 06:46 |
| URI: | http://repo.uwgm.ac.id/id/eprint/287 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
