ANALISIS LITERASI DALAM MEMOTIVASI MINAT BACA SISWA DI SDN 010 SAMARINDA UTARA TAHUN AJARAN 2023/2024

Nado, Kevin Eleazar (2024) ANALISIS LITERASI DALAM MEMOTIVASI MINAT BACA SISWA DI SDN 010 SAMARINDA UTARA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UWGM Samarinda.

[img] Text (Full Paper)
SKRIPSI KEVIN READY up - Kevin Eleazar Nado.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nado, Kevin Eleazar, 2024. Analisis Literasi Dalam Memotivasi Minat Baca Siswa di SDN 010 Samarinda Utara Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Eka Selvi Handayani, S.Pd.,M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Andi Alif Tunru, S.Pd.,M.Pd Selaku Dosen Pembimbing II Literasi adalah kegiatan yang berfokus pada kemampuan menerima berbagai informasi dan bahasa dari setiap bacaan yang dibaca oleh peserta didik sehingga jika seorang siswa mampu memahami sebuah bacaan,maka hal tersebut akan menarik minat untuk membaca dan menulis.Penelitian ini dilaksanakan di SDN 010 Samarinda Utara yakni dengan objek penelitian Kepala Sekolah, wali kelas IV B dan siswa kelas IV B itu sendiri.Dalam penelitian ini,peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu dengan melakukan observasi,dokumentasi serta wawancara deskriptif terhadap Kepala Sekolah, wali kelas IV B dan Siswa kelas IV B. Berdasarkan wawancara terhadap kepala sekolah,wali kelas IV B dan siswa-siswi kelas IV B,peneliti mendapatkan hasil bahwa kegiatan literasi yang sudah diterapkan oleh pihak sekolah telah berjalan dan diterima dengan baik oleh peserta didik.Meskipun masih terdapat peserta didik yang belum mampu melaksanakan literasi dengan baik. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengambil kesimpulan bahwa kegiatan literasi yang dilaksanakan oleh pihak sekolah sudah berjalan dengan baik dan memberikan dampak terhadap siswa dalam memotivasi minat baca. Hanya saja kurangnya fasilitas yang memadai dan perbedaan tingkat kognitif tiap peserta didik yang menjadikan kegiatan literasi di SDN 010 Samarinda Utara ini menjadi kurang maksimal.Peneliti berharap agar pihak sekolah segera memfasilitasi kegiatan literasi dengan melakukan berbagai pembaruan baik dari segi materi bacaan,penempatan pojok baca maupun penerapan teknik yang lebih kreatif serta inovatif dalam melaksanakn kegiatan literasi baik dilingkungan sekolah maupun didalam kelas. Kata kunci: Analisis Literasi,Motivasi,Minat Membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email lppm@uwgm.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2025 08:12
Last Modified: 26 Nov 2025 08:12
URI: http://repo.uwgm.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item View Item