PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN 027 SAMARINDA ULU TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Hamidah, Nisrina (2024) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN 027 SAMARINDA ULU TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UWGM Samarinda.

[img] Text (Full Paper)
SKRIPSI NISRINA HAMIDAH-1 (2) - Nisrina Hamidah.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hamidah, Nisrina. 2024. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Karakter Peserta Didik Kelas V Di SDN 027 Samarinda Ulu. Penelitian ni dibimbing oleh Dr. Nur Agus Salim, S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Nurdin Arifin, S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing II. Kompetensi pedagogik guru ialah kapasitas mendasar yang perlu dikuasai guru untuk menyelenggarakan pembelajaran, meliputi perancangan aktivitas belajar yang efektif dan penilaian perolehan belajar siswa. Sementara itu, karakter peserta didik mencerminkan sikap, perilaku, dan kebiasaan yang melekat dalam kehidupan mereka. Studi ini bermaksud menginvestigasi pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap karakter siswa kelas V di SDN 027 Samarinda Ulu, dengan melibatkan segenap siswa kelas V sejumlah 82 siswa. Studi ini memakai strategi kuantitatif, melalui data dikumpulkan dengan angket. Instrumen penelitian dievaluasi melalui uji validitas memakai koefisien korelasi product moment dan reliabilitas melalui Cronbach's alpha. Analisis data meliputi uji deskriptif (mean, median, dan modus), uji asumsi (normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov dan homogenitas dengan metode Fisher), serta uji hipotesis melalui regresi linier sederhana. Pengujian mencakup uji signifikansi, linearitas regresi, uji t, dan perhitungan koefisien determinasi. Perolehan studi mengungkapkan bahwa kompetensi pedagogik guru secara signifikan memengaruhi karakter siswa kelas V SDN 027 Samarinda Ulu. Uji linearitas regresi menghasilkan nilai 0,168 dengan taraf signifikan 0,05, mengindikasikan hubungan linier antara kedua variabel. Koefisien determinasi sebesar 0,205 memperlihatkan kontribusi pengaruh variabel bebas sebesar 20,5%. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 33,7521 + 0,594x, dengan thitung > ttabel, mengonfirmasi keadaan pengaruh signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap karakter siswa. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Karakter Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email lppm@uwgm.ac.id
Date Deposited: 01 Dec 2025 06:06
Last Modified: 01 Dec 2025 06:06
URI: http://repo.uwgm.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item