PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GENERASI MILENIAL DI LOA JANAN PADA TIKTOK SHOP

Renaldi, Renaldi (2025) PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GENERASI MILENIAL DI LOA JANAN PADA TIKTOK SHOP. Undergraduate thesis, UWGM Samarinda.

[img] Text (Full Paper)
Skripsi Renaldi_(2161201079) - Renaldi.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Renaldi. 2161201079,2025. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Generasi Milenial di Loa Janan Pada TikTok Shop. Dengan Dosen Pembimbing I Bapak Dr. Suyanto, SE, M.Si dan Dosen Pembimbing II Bapak M. Zamroji Al Mursyid, S.Pd, ME. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Konten Kreatif, eWOM, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden menggunakan Teknik Sampling Kouta. Metode analisis yang digunakan yaitu uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi (R), koefisien determinasi (R²), dan uji hipotesis. Hasil persamaan regresi linier berganda Y = 2,002 + 0,463(X1)+ 0,330(X2) + 0,450(X3). Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa variabel Konten Kreatif, eWOM, dan Promosi memiliki hubungan yang kuat dengan Keputusan Pembelian, dengan koefisien korelasi masing-masing sebesar 0,895, 0,914, dan 0,914. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,913, yang menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara variabel independen dan keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 91,3%, yang berarti bahwa variabel Konten Kreatif, eWOM, dan Promosi secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 91,3%, sedangkan 8,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model ini. Hasil uji T menunjukkan bahwa Konten Kreatif (t = 5,911; sig. 0,000), eWOM (t = 4,298; sig. 0,000), dan Promosi (t = 5,331; sig. 0,000) memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Selain itu, hasil uji F memperoleh nilai Fhitung = 415,944 dengan sig. 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Konten Kreatif, eWOM, dan Promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kata Kunci: digital marketing, keputusan pembelian, konten kreatif, ewom, promosi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email lppm@uwgm.ac.id
Date Deposited: 27 Nov 2025 02:26
Last Modified: 27 Nov 2025 02:26
URI: http://repo.uwgm.ac.id/id/eprint/318

Actions (login required)

View Item View Item